Rabu, 14 Maret 2018

Sekolah Tahfidz Quran Menjadi Unggulan dan Favorit di Makassar



Pendaftaran siswa baru di sekolah-sekolah sebentar lagi akan dibuka. Namun di beberapa sekolah swasta sudah memulai pendaftaran siswa baru dari bulan Maret ini. Sekolah unggulan tingkat SMP Negeri di Kota Makassar, Sulsel biasanya diserbu calon siswa baru pada pendaftaran hari pertama.

Saat ini kecenderungan masyarakat akan pentingnya pendidikan akhlak dan karakter Islami menjadi suatu keharusan. Sehingga dilaporkan bahwa terlihat ribuan calon siswa baru bersama orang tua mereka mendatangi Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang mulai membuka pendaftaran siswa baru (PSB) pada tahun pelajaran 2018/2019 ini.


Sekolah yang banyak diminati calon siswa antara lain selain Sekolah Rintisan Bertaraf Internasioal (SRBI) juga ke Sekolah Islam Terpadu (SIT) Tahfidzul Quran yang berada di Makassar.

Sementara SMP unggulan tersebar di beberapa wilayah kecamatan berdasarkan pengaturan wilayah pada menerimaan siswa baru tahun 2018 juga disebu pendaftar.

Sejumlah SMP unggulan kewalahan menerima barkas calon siswa yang mendaftar di sekolah itu, antara lain beberapa SMP Negeri dan SMP Islam Terpadu Tahfidzul Quran di Makassar.

Setiap sekolah berbeda menetapkan standar nilai calon siswa yang mendaftar di sekolah tersebut dengan penghitungan nilai.

Kalau di SMP Negeri unggulan menetapkan standar nilai yang dihitung rata-rata hasil ujian sekolah dan ujian nasional, kemudian dibagi dengan jumlah mata pelajaran pada dua kelompok ujian tersebut.

Sementara di SMP lainnya standar nilia ditentukan dari hasil akumulasi nilai rata-rata ujian sekolah dan ujian nasional, sedangkan di SMP negeri menetapkan standar nilai rata-rata hasil ujian sekolah, kemudian digabung dengan hasil ujian nasional pada saat pemeriksaan hasil tes ujian calon siswa pada bulan Juni 2018 nanti.

Perberdaan standar nilai-rata tersebut, sehingga sebagian orang tua calon siswa kecewa, karena nilai rata-rata hasil ujin setelah dikonversi ujian nasional dan ujian sekolah tidak mencukupi standar nilai yang ditetapkan masing-masing Sekolah/SMP.

Dari 40 SMP negeri di Makassar, hanya SMP 10 yang menetapkan standar nilai paling rendah yakni 6,50 untuk penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2018/2019.

Sementara ada sekolah SMP Negeri mengambil standar paling tinggi yaitu 8,00 dengan standar nilai 8, sementara yang lainnya antara 7,00 hingga 7,50 sama dengan MTs Negeri di Makassar yang juga diserbu pendaftar.

Pendaftaran penerimaan calon siswa baru SD, SMP dan SMA Negeri di Makassar akan dimulai pada bulan Juni 2018 dan tes masuk pada akhir Juni 2018.

MTs Tahfidzul Qur'an Azhar Center Makassar sudah membuka Pendaftaran Siswa Baru yang dimulai dari bulan Maret 2018 ini, sampai dengan apabila kuota telah mencukupi yaitu hanya 2 kelas dan masing-masing kelas akan berisi 20 orang siswa. Total hanya menerima 40 orang Siswa.